Minggu, 10 September 2017

Bendungan Gerak Waru Turi


Salah satu objek wisata yang ada di Kediri adalah Bendungan Gerak Waru Turi yang tempatnya ada di kabupaten Kediri.  Taman wisata ini berada sebelah utara ± 15 km, ± 10 menit dari kota Kediri, tepatnya di Desa Gampeng, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri Jawa Timur


Panjang bendungan yang 159 meter digunakan untuk mengatur pengairan irigasi bagi area persawahan milik warga sekitar lokasi sekaligus sebagai kontrol debit air dan sebagai tempat wisata.


Tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas wisata.  Diantaranya adalah kolam renang, lapangan golf, tempat bermain anak, outbond, taman bunga teratai, kereta kelinci yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mengelilingi area wisata bendungan.


Selain letaknya yang strategis, lokasinya pun luas serta ditumbuhinya banyak pepohonan yang rindang sehingga membuat pengunjung betah dilokasi wisata tersebut.
Area wisata yang luas membuat pengunjung bisa masuk dengan membawa kendaraan baik kendaraan roda dua atau kendaraan roda 4.


Tiket masuknya pun relatif murah,tiket masuk antara hari libur dengan hari-hari biasa harganya sama yaitu untuk 2 orang + parkir sepeda montor, Rp 11.000. Setiap harinya wisata bendungan Gerak Waru Turi ini dibuka pada pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00. Tempat wisata ini dikelola oleh BUMN.


Alir air Kali Brantas di bagian belakang Bendung Gerak Waru Turi terlihat tenang karena geraknya tertahan oleh Bendung Gerak Waru Turi.


Dua pintu air di sisi Bendung Gerak Waru Turi digunakan untuk mengatur pasokan air Kali Brantas ke saluran irigasi yang berada sebelah kanan. Ada pula pintu air yang mengatur pasokan air ke dalam saluran irigasi yang berada di sebelah kiri bendung. Bukaan pintu air lainnya bergantung pada kecukupan pasokan kedua saluran itu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar