Minggu, 17 September 2017

Soto Khas Branggahan


Mungkin banyak dari anda semua yang tahu tentang makanan soto bukan? Namun tahukah kalian ada sebuah desa yang bernama Branggahan, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri.
Puluhan warung tenda soto berdiri di kanan dan kiri jalan Desa Branggahan, sangat mudah dijangkau kendaraan karena berada di Jalan Raya Kediri – Tulungagung. Kalau dihitung jumlahnya lebih dari 50 warung


Di desa ini berjejer warung-warung soto ayam yang khas. Berbeda dengan soto lainnya, Branggahan memiliki ciri khas yaitu, disajikan di mangkuk yang kecil. Jangan heran ketika kalian membeli soto branggahan ini, kalian menemui orang-orang yang bisa menghabiskan 5-6 porsi.


Namun, beberapa tahun terakhir, cara penyajian dengan mangkuk kecil mulai ditinggalkan, para pedagang lebih suka memakai mangkuk biasa, karena para pedagang warung Soto Branggahan tidak mau kerepotan mencuci banyaknya mangkuk yang kotor.



Apakah yang membuat Soto Branggahan memiliki rasa yang khas? Apakah ada bumbu rahasia di dalamnya? Kata salah satu penjual Soto di Branggahan, tidak ada resep rahasia, semua warung Soto Branggahan memiliki resep yang sama seperti warisan turun temurun. Untuk semangkuk Soto Branggahan saat ini dipatok Rp 5000 per porsi. Sangat murah bukan?


Hal unik lainnya adalah dalam penyajian Soto Branggahan, pedagang meletakkan sambalnya di bawah nasi,jadi ketika akan makan soto ini harus di aduk-aduk sampai rata dahulu. Anda tertarik mencobanya kan pastinya? Haha

1 komentar: